Spray Gun terbaik adalah alat yang biasa dipakai oleh beberapa orang untuk proses finishing cat. Biasanya dilakukan supaya proses akhir dapat sesuai dengan harapan hasil pengecatan jauh lebih sempurna.

Jika dilihat dari segi prinsip kerja, maka Spray Gun hampir mirip dengan alat pencuci kendaraan. Ada tekanan udara yang mendorong cat dan menyemprotkannya sebagai diatomisasi atau dikabutkan.

Hasil dari penyemprotan ini kemudian terlihat seperti butiran kabut dengan titik-titik kecil. Karena itu, hasil finishing biasanya jauh lebih sempurna, baik dari segi pemerataan atau segi komposisi ketebalan cat.

Secara teori, alat ini memberikan bantuan dengan cara otomatis untuk melakukan finishing dengan mudah. Proses diatomisasi yang dihasilkan mampu memberikan hasil finishing jauh lebih sempurna daripada pengecatan manual.

Karena saking pentingnya alat ini, maka perlu memahaminya secara detail baik dari segi cara perawatan, cara penggunaan, bahkan jenis-jenisnya. Oleh sebab itu, simak beberapa informasi yang akan kami berikan.

Fungsi Serta Kegunaan

Seperti yang sudah Anda ketahui, alat ini digunakan untuk melakukan finishing pada pengecatan. Bisa dipakai untuk finishing furniture, kendaraan, atau finishing lain yang membutuhkan detail tertentu.

Fungsi Spray Gun yang memberikan diatomisasi ini jika Anda memahaminya juga jauh lebih mudah. bagian cat akan ditekan dan disemprotkan melalui lubang di ujung alat.

Secara prinsip, alat ini akan menghisap cat pada ujung fluida. Kemudian akan dialirkan menggunakan tekanan tinggi. baru setelah itu cat disemprotkan dengan sistem diatomisasi atau dikabutkan.

Tips dan Cara Menggunakan

Untuk bisa menggunakan Spray Gun, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Tujuannya supaya hasil penyemprotan menjadi lebih sempurna, baik dari segi pemerataan atau ketebalan.

1. Perhatikan jarak penyemprotan

Cara menggunakan Spray Gun yang pertama adalah memperhatikan jarak antara ujung alat dengan permukaan benda. Umumnya, jarak terbaik menggunakannya adalah 1 jengkal tangan atau sekitar 25 cm.

2. Sudut Spray Gun

Dalam penggunaannya, maka pengguna perlu memegangnya dengan sudut 900. Tujuannya supaya proses pengecatan bisa berjalan lebih stabil dan tidak menghasilkan pengecatan tebal tipis pada permukaan.

3. Kecepatan langkah

Kecepatan langkah adalah kecepatanan ketika alat ini digunakan. Biasanya setiap orang memiliki patokan sendiri seberapa cepat kecepatan langkahnya. Namun, biasanya kecepatan yang direkomendasikan adalah antara 900 – 1.200 mm/detik.

4. Bentuk overlapping

Overlapping atau bentuk tumpang tindih dilakukan supaya mendapatkan ketebalan yang merata. Biasanya overlapping yang direkomendasikan adalah ½ atau 2/3 pada pola penyemprotan yang Anda lakukan.

5. Repainting

Repainting merupakan pengecatan ulang untuk memperbaharui cat lama. Biasanya cat lama yang sudah usang akan membuat warna memudar. Untuk itu, dilakukan repainting supaya mengembalikan warna cat tersebut.

Rekomendasi Jenis-jenis Spray Gun Terbaik

Saat ini sudah ada banyak sekali Spray Gun yang bisa Anda dapatkan. Beberapa jenis mungkin akan lebih cocok untuk finishing tertentu. Jadi pastikan menyesuaikan setiap jenisnya dengan kebutuhan Anda.

1. Spray Gun HVLP

Spray Gun HVLP Rp 209.900

Salah satu jenis Spray Gun ini cukup banyak dipakai adalah tipe HVLP atau High Volume Low Pressure. Alat ini bisa dikenali dari posisi tabung yang berada di atas.

Harga Spray Gun HVLP Sekitar Rp 209.900

2. Spray Gun LVLP

Spray Gun LVLP Rp 742.700

Tipe kedua adalah LVLP atau Low Volume Low Pressure. Secara teori, tipe LVLP memiliki kelebihan yang bisa dipakai pada pekerjaan dengan tingkat viskositas tinggi tanpa overhate.

Harga Spray Gun LVLP Sekitar Rp 742.700

3. Spray Gun Airless

Spray Gun Airless Rp 1.200.000

Mungkin ini merupakan tipe yang saat ini populer, terutama bagi pengrajin furniture. Hal tersebut karena tekanan semprot mampu mencakup area luas pada permukaan bidang garap.

Harga Silver Pluss Airless Spray Gun 5000 PSI Hand Spray Gun Sekitar Rp 1.200.000

4. Spray Gun Air Assisted Airless

Spray Gun Air Assitsed Airless Rp 1.800.000

Tipe keempat ini merupakan kombinasi antara sistem atomisasi serta sistem orifice. Oleh sebab itu, hasil finishing akan lebih bagus jika pasokan dalam tabung juga bagus.

Harga Air assisted spray gun 4500psi high pressure Sekitar Rp 1.800.000

5. Paint Zoom Spray Gun

Paint Zoom Spray Gun Rp 250.000

Spray Gun terakhir adalah tipe Pain Zoom. Tipe ini merupakan salah satu generasi terbaru dengan memanfaatkan tenaga listrik. Hal tersebut membuat tekanan menjadi lebih stabil.

Harga MOLLAR Paint Zoom Paint Gun Spray Gun Elektrik Sekitar Rp 250.000

Baca juga: Rekomendasi 10 Merk Timah Solder yang Bagus dan Cara Memilihnya

Cara Memperbaiki Spray Gun

Karena jarang dirawat, maka Spray Gun terbaik bisa saja rusak. Untuk itu, Anda perlu memperbaikinya dengan cara yang tepat. Untuk langkah-langkahnya bisa Anda perhatikan sebagai berikut:

1. Persiapkan alat-alatnya

Langkah yang pertama adalah menyiapkan beberapa perlengkapan seperti thinner, kuas, air, dan wadah. Siapkan juga sikat halus untuk nanti akan digunakan untuk membersihkan bagian sudut.

2. Lepaskan setiap komponen

Langkah selanjutnya adalah melepas seluruh bagian Spray Gun. Saat melepaskan seluruh komponen, letakan dalam 1 wadah untuk komponen ukuran kecil. begitu juga dengan baut atau mur supaya tidak hilang.

3. Rendam dengan thinner

Jika sudah, rendam komponen-komponen tersebut dalam cairan thinner selama 30 menit. Hal ini bertujuan untuk memudahkan saat dibersihkan dengan kuas. Sisa cat akan mudah terkelupas dengan cara direndam.

4. Bersihkan dengan kuas

Supaya Spray Gun bisa tetap berfungsi maksimal, bersihkan setiap sudutnya menggunakan kuas. Memakai kuas halus bertujuan supaya tidak ada komponen yang tergores. Apalagi sampai rusak karena kesalahan sendiri.

5. Rakit kembali

Jika sudah dibersihkan dan dikeringkan, maka langkah terakhir adalah merakitnya kembali. perhatikan setiap komponen jangan sampai ada yang tertinggal. Pastikan setiap sekrup terpasang pada tempatnya.

Cara Merawat Spray Gun

Karena alat ini merupakan mekanisme penyemprotan, maka Anda harus merawatnya. Tujuannya supaya cat yang mengendap tidak menghalangi lubang. Terutama sampai merusak komponen ujung fluida yang membuatnya tidak bisa dipakai lagi.

1. Mengosongkan tabung

Setelah digunakan untuk proses pengecatan, maka sebaiknya kosongkan tabung dari cat yang tersisa. Tujuannya supaya cat tidak mengeras dan meninggalkan plak noda yang sulit dibersihkan nantinya.

2. Mencuci tabung

Spray Gun terbaik bisa dilihat dari seberapa bersih tabungnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mencuci bagian tabung supaya noda cat bisa dihilangkan. Anda bisa mencuci tabungnya menggunakan thinner bening.

3. Membersihkan air cup

Buka bagian tutup tabung dan kemudian posisikan secara terbalik supaya semua sisa cat dan thiner keluar. Bagian air cup juga perlu dibersihkan menggunakan sikat halus serta thinner bening.

4. Bersihkan nozzle

Nozzle adalah salah satu bagian yang sangat penting dari Spray Gun. Oleh sebab itu, setiap kali selesai digunakan, maka Anda harus membersihkannya. Tujuannya juga untuk menghilangkan sisa cat yang tertinggal.

5. Membersihkan lubang

Di beberapa jenis Spray Gun terbaik, misalnya epoxy dan sanding polytur, membersihkan bagian lubang sangat penting dilakukan. Hal tersebut karena sering tertinggal gumpalan cat yang bisa menghalangi lubang.

6. Membersihkan body

Bagian luar atau body juga sangat penting dijaga kebersihannya. Anda bisa memanfaatkan sikat halus serta thinner bening untuk membersihkannya. Usahakan body tetap bersih seperti sedia kala.

7. Jangan rendam tabung

Salah satu hal paling penting dalam merawat alat ini adalah jangan pernah direndam dalam kubangan thinner. Merendamnya hanya akan mengakibatkan segel rapuh. Bersihkan saja dengan sikat halus seperti biasanya.

Spray Gun yang saat ini sangat penting untuk proses finishing tentu harus dimengerti setiap detailnya. Bukan hanya cara merawat atau memperbaikinya saja. Namun, jenis-jenis Spray Gun terbaik juga harus diketahui.